Bagusan Mana Antara Produk Susu Bayi Dan ASI ? Ini Jawabannya

Apakah perbedaan ASI dan Produk susu bayi? Akan kami berikan perbandingan mengenai ASI dan produk susu bayi, setelah itu dapat diputuskan sendiri mana yang terbaik untuk sang buah hati.
Setelah melahirkan biasanya ada 2 pilihan yang harus dipilih sang ibu, apakah pakai produk susu bayi yang ada dipasaran, atau dengan ASI.

Mana yang bagus bagi bayi ASI Atau Produk susu bayi ?

Pilihan tersebut biasanya akan dipilih menurut beberapa faktor, seperti gaya hidup, kondisi kesehatan, ketidakadaan waktu, ketidaktauan atau hal lain yang dapat mendorong seseorang untuk lebih cenderung ke salah satu pilihan baik itu produk susu atau ASI.

Alasan ibu memilih produk susu bayi.
  • Gaya hidup/kebiasaan
Biasanya hal ini sangat mendorong kuat bagi ibu yang baru saja melahirkan untuk memilih menggunakan produk susu dibandingkan ASI.
  • Ketidaktahuan mereka akan kehebatan ASI
Menjadi hal yang wajar terjadi jika ibu lebih memilih produk susu bayi karena ketertarikan akan kandungan gizi yang sudah tercantum pada kemasan.
  • Ketidakadaan waktu
Kondisi ini sangat banyak ditemui pada wanita karir, karena saat ibu menggunakan ASI tentu harus memiliki banyak waktu luang dan harus secara eksklusif memberikan ASI. Oleh karena itu biasa wanita yang berkarir lebih memilih menggunakan produk susu bayi.
  • ASI tidas lançar dan tidak cukup
Alasan yang paling banyak adalah ASI tidak lancar, sehingga anak terus menerus kelaparan dan menangis rewel. Tapi berbeda dengan susu formula yang memiliki kandungan yang lebih kompleks dan diantaranya dimasukkan karbohidrat yang dapat mengenyangkan anak, sehingga dipandang ampuh untuk meredam bayi yang lapar dan ASI yang tidak lancar
  • Menderita suatu penyakit yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak jika meminum ASI
Memang jika dari segi kesehatan tentu lebih baik jika kita menggunakan ASI yang sudah pasti asli, biasanya yang memilih produk susu lainnya karena mereka tertarik akan gizi-gizi yang telah tercantum pada kemasan-kemasannya.

WHO sebagai organisasi kesehatan dunia pun sangat merekomendasikan ASI sebagai yang terbaik bagi bayi. Karena ASI dapat membantu bertahan melawan infeksi, mencegah alergi dan melindungi terhadap sejumlah penyakit kronis. 

Meskipun demikian tidak semua ibu dapat dan ingin melakukannya karena keputusan menggunakan prduk susu atau ASI adalah keputusan yang sangat pribadi.

Berikut adalah manfaat dari ASI:
  1. ASI memberikan perlawanan terhadap infeksi, karena antibodi yang diberikan dari ibu dapat membantu bayi untuk melawan beberapa penyakit infeksi, seperti, diare, infeksi telinga, infeksi saluran pernafasan dan radang selaput.
  2. ASI baik untuk bayi yang lahir prematur yang berkontribusi dalam sistem kekebalan tubuh bayi
  3. ASI memiliki nutrisi yang mudah dicerna oleh bayi yang baru lahir.
  4. ASI mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi yang baru lahir
  5. ASI gratis!
  6. Dengan ASI ibu telah memperkenalkan budaya melalui makanan yang dimakan oleh ibu dan dirasakan oleh bayi dari ASI yang diberikan.
  7. ASI mencegah obesitas pada anak.
  8. Pemberian ASI eksklusif  menurut beberapa studi menunjukkan bahwa anak-anak yang diberikan ASI eksklusif memiliki IQ lebih tinggi daripada anak yang diberikan susu formula.
  9. Memberikan ASI dapat membantu ibu juga agar percaya diri dalam mengurus anaknya, membakar kalori dan membantu mengecilkan rahim.
  10. Dan dari beberapa studi juga bahwa menyusui dapat membantu ibu mengurangi resiko kanker payudara, tekanan darah tinggi, mengurangi resiko kanker rahim dan ovarium. Bahkan menurut studi National Institutes of Health Women’s Health Initiative, ibu yang menyusui selama 7-12 bulan setelah melahirkan memiliki resiko penyakit jantung yang lebih rendah.
  11. Ibu yang menyusui harus menjaga makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhnya, ikan yang mengandung merkuri, alkohol, dan kafein harus benar-benar tidak dikonsumsi ibu menyusui.
  12. Karena ASI mudah dicerna oleh bayi, maka bayi akan cepat lapar dan haus kembali sekitar 2-3 jam terutama dalam 3 minggu pertama.
Menyusui bukanlah hal yang mudah untuk ibu yang baru memiliki anak, karena itu diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam memberikan ASI kepada bayi, sehingga kondisi kenyaman ibu dapat didapatkan. Keinginan untuk menyusui bayi dengan eksklusif kadang tidak dapat diberikan, hal ini karena kondisi medis ibu yang tidak memungkinkan, obat-obatan dan operasi payudara. Kondisi medis seperti HIV atau AIDS, kemoterapi atau proses pengobatan tertentu yang membuat kondisi untuk menyusui bayi tidak aman bagi petumbuhan bayi.

Beberapa manfaat dari produk susu bayi bagi ibu dan anak
  • Nyaman dan Mudah
Pembuatannya yang lebih mudah, cepat dan lebih fleksibel karena dapat diberikan oleh siapa saja dalam keluarga, tidak ribet meskipun sedang berada ditemput umum.
  • Waktu dan frekuensi menyusui
Karena susu formula kurang dapat dicerna dengan baik oleh bayi dibandingkan ASI, maka susu formula sebaiknya diberikan lebih sering daripada bayi yang menggunakan ASI.
  • Kurang antibodi
Formula tidak memberikan perlindungan tambahan kepada bayi terhadap infeksi. Oleh karena itu, perlu selalu dipastikan bahwa air, peralatan minum susu, seperti; botol susu, sendok dan lainnya dalam keadaan steril
  • Mahal Susu formula mahal!
Terutama susu formula khusus seperti kedelai dan hypoallergenic yang jauh lebih mahal.
  • Gas dan sembelit
Bayi yang meminum susu formula akan lebih banyak gas dan buang air besar lebih banyak.
  • Diet
Ibu yang memilih memberikan susu formula bagi bayinya tidak perlu memikirkan hal-hal yang mereka makan atau minum, karena hal yang dimakan dan diminum akan mempengaruhi bayi mereka

 Itulah beberapa perbandingan mengenai lebih baik mana pakai produk susu? atau ASI? informasi diatas semoga mewakli pertanyaan semua ibu yang baru saja melahirkan dan untuk keputusan yang terbaik ada ditangan para ibu semuanya.

Terkait:

  1. Posisi Tidur Ibu Hamil
  2. Tips Hamil Muda
  3. Kenalai Bahaya Penyakit Anemia
  4. Waspada Bahaya Penyakit Bronkitis
  5. Cara Mengobati Kista Tanpa Operasi
  6. Cara Mengobati Tipes Secara Alami
  7. Ciri Ciri Gondok Beracun

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagusan Mana Antara Produk Susu Bayi Dan ASI ? Ini Jawabannya "

Poskan Komentar