Mengalami Obesitas Saat Hamil? Ini Dia Tips Dan Cara Mencegahnya



Mencegah Bahaya Obesitas Bagi Ibu Hamil Sejak Dini

Kehamilan terjadi maka bisanya akan ada perubahan terjadi pada masa saat sebelum hamil dan saat sedang hamil, salah satunya adalah mengenai nafsu makan bertambah, hal ini sangat wajar terjadi karena ibu hamil memiliki janin yang harus mendapatkan nutrisi, stamina dan gizi untuk pertumbuhannya.

Biasanya masa kehamilan pertama akan sangat bingung apa yang harus dikonsumsi dan apa yang tidak dikonsumsi atau ada juga ada yang sembarang konsumsi makanan tanpa hawatir mengalami obesitas saat hamil.

Kebiasann dan pola makan yang buruk saat hamil bisa meningkatkan resiko ibu terkena masalah kesehatan obesitas saat hamil, hal ini tentu sangat berbahaya baik bagi ibu dan kesehatan janin, langkah yang tepat untuk menghindarkan risiko tersbut ibu bisa atur pola makan dan kebiasaan-kebiasaan gaya hidup sehat untuk mencegah sejak dini obesitas pada ibu hamil. Karena mencegah adalah cara terbaik menurukan bahaya resiko juga mengatasi masalah sebelum terjadi maka anda bisa lakukan beberapa 4 tips ini, diantaranya:

1. Melakukan Serangkaian Tes

Saat memasuki trimester awal proses kehamilan, ibu akan menjalani serangkaian tes. Serangkaian tes itu sangat bermanfaat dan sebagai kontrol bagi ibu hamil. Tes yang dilakukan itu berupa pemeriksaan gula darah, tekanan darah di dalam tubuh ibu hamil dan juga mengukur berat badan ibu hamil. Pemeriksaan tersebut akan diulang saat ibu hamil memasuki trimester akhir atau trimester 3. Pemantauan terhadap janin yang ada di dalam kandungan pun diperlukan dari bulan ke bulan.

Baca Juga : Tips Hamil Muda

2. Membatasi Kalori

Pencegahan ini menjadi kontraversi di dunia medis. Kalori dibutuhkan oleh janin, namun kalori yang berlebihan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami obestas. Ditakutkan jika pengurangan kalori pada ibu hamil bisa menyebabkan kekurangan gizi ibu hamil sehingga, janin yang ada di dalam kandungan pun ikut kekurangan gizi. Bagi ibu hamil yang sedang melakukan pengurangan kalori diharapkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan komposisi makanan yang seimbang yaitu 4 sehat 5 sempurna.

Baca Juga : 13 Manfaat Apel Untuk Ibu Hamil Muda

3. Aktivitas Fisik

Selama hamil, jangan malas untuk melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik berupa jalan pagi dan senam hamil sangat penting untuk cara menjaga kehamilan agar tetap sehat dan kebugaran tubuh ibu hamil.

Baca Juga : Aktivitas Yang Baik Bagi Ibu Hamil

4. Pola Makan

Ibu hamil bisa mengatur pola makannya 4 sehat dan 5 sempurna agar janin yang ada di dalam kandungannya tetap sehat.

Baca Juga : Makanan Sehat Ibu Hamil


Tips Pola Makan Untuk Mengatasi Obesitas Pada Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang memiliki peningkatan berat badan secara tajam setelah kehamilan 20 minggu, diperlukan penanganan atau tips yang bisa digunakan untuk mengatasi kegemukan. Berikut ini tips mengatasi obesitas yang dialami oleh ibu yang sedang hamil :

0> Makan Dengan Santai
Ibu yang mengalami obesitas diharapkan untuk menghindari makan secara terburu-buru. Ibu hamil diharapkan untuk makan dengan santai dan mengunyah dengan pelan. Jika ibu hamil mengunyah dan memakan makanan  dengan cepat, hal itu bisa menyebabkan peningkatan gula darah di dalam tubuh semakin meningkat dengan drastis.

Penyebabnya adalah ibu hamil yang mengkonsumsi karbohidrat, sari dari karbohidrat itu bisa langsung terserap oleh usus dan masuk ke dalam sirkulasi darah. Mengunyah makananan yang normal adalah sebanyak 32 kali kunyahan agar sari dari karbohidrat menjadi berkurang dan lambung tidak menjadi terbebani oleh makanan tersebut.

0> Hindari Makan 3 Jam Sebelum Tidur
Ketika ibu hamil makan 3 jam sebelum tidur, makanan yang dimakan itu bisa terserap dan tersimpan sebagai lemak di kulit. Hal tersebut bisa membuat tubuh ibu hamil semakin gemuk dan melar.

0> Kurangi Asupan Gula
Ibu hamil pasti suka mengkonsumsi makanan dan minuman yang serba manis, sugesti ibu yang sedang hamil memang lebih suka mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis dibandingkan dengan makanan atau minuman yang rasanya tawar. Gula berlebihan bisa membuat kadar gula di dalam tubuh ibu hamil meningkat dengan tajam. Gula bisa menyebabkan obesitas dan juga menyebabkan ibu hamil terkena diabetes.

0> Hindari Cemilan
Saat hamil sebaiknya ibu hamil menghindari kebiasaan ngemil atau memakan camilan. Alasannya adalah ibu hamil yang doyan ngemil akan menumpuk kalori dan gula yang berlebihan di dalam tubuh. Camilan banyak mengandung kalori dan mengandung banyak gula, selain itu gizi di dalam camilan itu cenderung sedikit atau bahkan tidak ada samasekali.

Camilan juga ada yang mengandung kadar garam yang tinggi, pantangan makanan ibu haml tidak boleh mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan alasannya adalah akan memicu meningkatnya tekanan darah di dalam tubuh ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami hipertensi, ibu hamil akan mengalami berbagai macam komplikasi kehamilan.

0> Melakukan Aktivitas
Ibu hamil harus terbiasa untuk menggerakkan badan, hamil bukanlah saatnya untuk bermalas-malasan di tempat tidur. Ibu hamil diharapkan untuk bisa melakukan pekerjaan rumah yang ringan misal menyapu, mencuci piring dan juga berjalan-jalan saat pagi hari.

Terbiasa melakukan aktivitas fisik tersebut bisa membuat ibu terhindar dari kegemukan dan bisa menyegarkan badan. Efek dari aktivitas itu adalah badan ibu hamil akan terasa lebih segar dan tidak lesu.

0> Olahraga
Olahraga juga merupakan kunci untuk mengatasi obesitas. Ibu hamil bisa melakukan berbagai macam olahraga ringan yang dikhususkan oleh ibu hamil. Olahraga itu misalnya saja adalah senam hamil, berenang atau sekedar jalan-jalan pagi.

Baca Juga : Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

0> Konsumsi Banyak Air Putih
Minum banyak air putih bisa mencegah ibu hamil terhindar dari dehidrasi, dehidrasi bisa menyebabkan aliran darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi lancar. Di dalam tubuh yang memiliki aliran darah dan oksigen yang lancar bisa membuat ibu hamil terhindar dari obesitas dan penumpukan lemak di dalam tubunnya.

0> Makan Makanan Tinggi Serat
Ibu hamil yang memiliki berat badan berlebihan namun memiliki berat badan bayi yang kurang bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. Makanan yang tinggi serat ada di dalam sayuran dan buah-buahan. Selain membuat ibu hamil kenyang lebih lama, serat tersebut tidak bisa membuat ibu hamil gemuk dan sari dalam sayuran dan buah itu bisa mudah terserap oleh bayi.

Meskipun berat badan ibu hamil tidak meningkat, berat bayi yang ada di dalam rahim bisa meningkat dan tidak kekurangan nutrisi. Serat juga bisa digunakan untuk mencegah sembelit pada ibu hamil. Jika ibu hamil bisa lancar dalam melakukan BAB, ibu hamil pun bisa melancarkan sistem pencernaannya. Pencernaan yang lancar bisa menghindarkan ibu hamil dari kegemukan.

Baca Juga : Makanan Tinggi Serat Kurangi Resiko Kanker Payudara


Jika istri anda mengalami obesitas saat hamil mungkin beberapa tips diatas dapat membantu anda dan ibu untuk menghindarkan diri dari bahaya obesitas pada ibu hamil, pantau terus setiap perubahan pada ibu dan janinnya agar saat persalinan berlangsung dapat berjalan lancar dan aman tanpa ada masalah.


Artikel Rekomendasi :
Gejala Penyakit Organ Vital


>. Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal >. Ciri Ciri Penyakit Ginjal
>. Ciri Ciri Penyakit Paru Paru >. Ciri Ciri Penyakit Kanker Hati
>. Ciri Ciri Penyakit Jantung >. Ciri Ciri Penyakit Usus Turun

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengalami Obesitas Saat Hamil? Ini Dia Tips Dan Cara Mencegahnya"

Poskan Komentar